Berinvestasi Tanpa Stress

Sebagian besar investor mendapatkan banyak sekali kecemasan saat mengejar tingkat pengembalian dari reksa dana, berharap bahwa sejarah berulang kembali saat mereka berada disana. Bahkan, dana yang telah menghasilkan keuntungan yang besar memiliki sedikit kesempatan untuk melakukannya kembali ketika dibandingkan dengan kelompok sebayanya. Sebuah ide yang sangat baik, daripada stress berkelanjutkan didalam pasar keuangan adalah dengan mencari kebijaksanaan didalamnya, metode akademik yang telah teruji. Setelah rencana investasi berkualitas tinggi milikmu sudah diatur, bersantailah sejenak. Biarkan kompon investasi anda memahami jikalau rencana itu berakar dalam pengetahuan, tidak mencari sensasi.

  • Lahan y ang baik

Seperti taman yang sedang bertumbuh, anda ingin berinvestasi di lahan yang baik (strategi). Dengan demikian, anda dapat berharap adanya masa dimana beberapa hari hujan (bear market) dan cerah (bull market). Kedua hal ini dibutuhkan untuk bertumbuh secara keseluruhan. Setelah lahan (uang) mulai tumbuh, jangan cabut dan tanam kembali, jangan tunggu sampai layu atau mati. Aturlah investasi anda dengan bijak dan kemudian biarkan bertumbuh.

Penelitian akademik menciptakan lahan yang baik. Tubuh pengetahuan tentang pasar berjalan melalui proses ulasan yang ketat dimana tujuan utamanya adalah kebenaran atau pengetahuan daripada keuntungan. Dengan demikian, informasi menjadi tidak begitu diminati – sesuatu yang harus anda selalu cari didalam hidup untuk membuat keputusan yang bijaksana.

Saat tubuh ini disuling oleh pengetahuan, dibawah ini adalah beberapa poin penting untuk diingat saat datang ke investasi didalam pasar saham. Diantaranya adalah:

  • Resiko dan tingkat pengembalian

Konsep ini mirip dengan pepatah “tidak ada makan siang yang gratis”. Dalam bentuk uang, jika anda ingin pengembalian yang lebih banyak, anda harus berinvestasi dalam dana yang memiliki probabilitas yang jauh lebih besar dari perjalanan ke selatan (resiko tinggi). Dengan demikian, hukum bilangan besar benar-benar datang ke dalam dan bermain disini, karena investasi kecil, perusahaan belum terbukti dapat menghasilkan potensi pengembalian yang lebih baik, sementara perusahaan besar yang telah mengalami pertumbuhan besar pun mungkin tidak memberikan hasil yang sebanding.

  • Efisiensi pasar

Konsep ini mengatakan bahwa segala sesuatu yang perlu anda ketahui tentang investasi konvensional sudah kembali ke harganya. Efisiensi pasar mendukung konsep resiko dan tingkat pengembalian; dengan demikian, jangan buang waktu adna di perpustakaan dengan “investasi Value Line” kecuali memberikan nilai hiburan. Pada dasarnya, saat anda melihat apakah bisa atau tidak bisa untuk berinvestasi di sebuah perusahaan besar, tidak mungkin anda akan menemukan informasi berbeda dari yang telah ditemukan oleh orang lain. Menariknya, ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana anda membuat pengembalian abnormal dengan berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang tidak diketahui seperti “Bob’s Tomato Shack”, jika anda benar-benar memiliki waktu dan ketajaman bisnis untuk melakukan penelitian di lini depan.

  • Teori portofolio modern

Pada dasarnya hal ini mengatakan bahwa anda ingin melakukan diversifikasi investasi anda sebanyak mungkin untuk menyingkirkan resiko perusahaan – atau saham – yang spesifik sehingga menimbulkan denominator terendah sama sekali – resiko pasar. Intinya, anda menggunakan hukum bilangan besar untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan resiko eksposur pasar tertentu.

  • Portofolio pasar terbaik

Akademi telah menciptakan model portofolio pasar, yang terdiri dari jumlah berbobot dari setiap aset di pasar, dengan bobot dalam proporsi bahwa aset ada didalam pasar. Banyak menganggap hal ini seperti S&P 500, tetapi itu adalah indek hanya 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat. Sebaliknya, anggaplah pasar secara menyeluruh dan berpikirlah secara global. Salah satu keterbatasan adalah saat anda berinvestasi di dunia, anda menghabiskan setiap sen di negara anda sendiri, jadi pada titik ini segala sesuatunya pasti tidak menghabiskan sedikit.

Kira-kira penutup pasar di dunia adalah sekitar sepertiga dari AS dan dua pertiga dari internasional. Seperti yang telah disebutkan diatas, jika anda tinggal di AS, ini adalah hal utama dimana anda akan menghabiskan semua uangmu dan dengan demikian, anda bisa melindungi nilai mata uang di AS.

  • Menempatkan hal ini dalam praktik

Anda dapat mencapai bobot ini dengan memilih dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk meniru portofolio pasar. Anda dapat membeli U.S. ETF yang perpanjangan dan ETF internasional, menempatkannya secara bersamaan dan anda memiliki suatu modal. Sekarang anda perlu menilai sifat keserahakan dan rasa takut anda: Misalnya, berapa banyak investasi yang ingin anda masukkan ke dalam portofolio pasar terhadap T-Bills. Jika anda lebih rakus ketimbang takut, anda bisa melakukan beberapa margin investasi.

Sebuah kunci utama yang ingin dipertimbangkan saat menilai faktor keserakahan anda adalah laba potensial. Sebagai aturan umum, untuk portofolio pasar diperkirakan 10% rata-rata pengembalian dengan 20% ayunan tahunan naik atau turun.

  • Bisnis yang beresiko

Untuk mengungkap status resiko pribadimu, anda harus menilai ketahanan keuangan anda terlebih dahulu. Ini adalah bagaimana anda dikatakan mampu untuk mengalami kerugian dalam keuangan. Berapa nilai portofolio anda yang dapat ditempatkan pada resiko? Karena pasar umumnya akan naik dari waktu ke waktu, ini benar-benar menjadi masalah waktu horizon.

Kedua, anda harus menilai ketahanan psikologis anda. Jika anda adalah seorang yang cemas dimana memeriksa pasar saham setiap hari, anda mungkin harus menjaga eksposus pasar yang rendah. Namun, jika anda lebih nyaman dengan pasar dan terlalu sibuk terus-menerus untuk meninjau harga saham maka psikologi anda lebih cocok untuk bobot portofolio pasar yang lebih tinggi.